Sabtu, 17 Desember 2011

Review Jurnal Aplikasi Data Landsat dan SIG untuk Potensi Lahan Tambak Di Kabupaten Banyuwangi


Pada penelitian ini dianalisis mengenai aplikasi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam mengevaluasi potensi lahan tambak yang ada di kabupaten banyuwangi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan kenyataan data yang diperoleh bahwa di Kabupaten Banyuwangi dari 9 kecamatan  yang memiliki pantai hanya ada 6 kecamatan yang memanfaatkan lahan untuk kegiatan budidaya sehingga perlu dilakukan evaluasi dan penggalian potensi yang diharapkan mampu untuk meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Evaluasi ini memerlukan ketelitian dan penataan lingkungan yang benar pada daerah pantai karena memang tambak yang dibuat sangat mungkin menghasilkan limbah yang apabila tidak dikelola justru akan merugikan. Oleh karena itu digunakan Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh untuk menganalisa agar lebih cepat dan data yang dihasilkan lebih akurat.
Evaluasi yang dilakukan meliputi koreksi radiometris, koreksi geometris, analisis visual, klasifikasi penutup lahan, dan potensi lahan untuk tambak. Dari hasil penelitian didapatkan peta analisis penutup lahan, selain itu didapatkan data bahwa pada tahun 2002 berhasil diidentifikasi seluas 1680 hectar tambak di kabupaten banyuwangi. Selain itu juga didapatkan intensitas curah hujan dan suhu rata-rata di Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan parameter fisik lahan yaitu pernggunaan lahan saat ini, kemiringan lahan dan jenis tanah didapatkan hasil kesesuaian lahan untuk lokasi tambak yaitu “sesuai”.
Apabila ditinjau dari manfaat jurnal bagi pembaca, jurnal ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi dan motifasi pembaca untuk meningkatkan pemanfaatan lahan sebagai lokasi tambak di Kabupaten Banyuwangi. Lahan yang semula digunakan untuk lokasi tambak hanya sebagian kecil, dapat ditingkatkan melalui informasi yang diperoleh dari jurnal ini sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Banyuwangi yang secara lebih luas dapat meningkatkan supply produk perikanan ke wilayah-wilayah sekitar guna memenuhi kebutuhan masyarakat.
Ditelaah dari bahasa yang digunakan, jurnal ini menggunakan bahasa yang cukup mudah dipahami oleh pembaca, meskipun hanya orang awam tetap dapat sedikit mengerti tentang isi dari jurnal ini karena adapun istilah-istilah asing dan ilmiah  dijelaskan secara rinci melalui singkatan-singkatan dan sinonim.  Selain ituy data-data yang diperoleh berdasarkan jurnal ini juga disajikan dalam bentuk grafik, tabel, dan peta sehingga dapat dipahami maksudnya. Penyajian dalam bentuk ini dirasa lebih mudah dilihat dan dipahami dari pada bentuk kata-kata yang justru dapat membuat pembaca lebih mudah jenuh. Gambar peta yang disajikan juga dalam bentuk warna yang membuat pembaca tertarik untuk membaca bahkan untuk menggali dan medapatkan informasi lebih lanjut. Pengguanaan bahasa inggris yang ada pada bagian abstract juga bermanfaat untuk mempermudah pembaca yang berasal dari luar negeri sehingga dapat memahami isi jurnal secara singkat, walaupun tidak detail. Pembaca asing masih tetap dapat memperoleh gambaran singkat mengenai isi jurnal.
Jurnal ini juga dapat dijadikan sebuah referensi bagi pengusaha budidaya perikanan khususnya di Kabupaten Banyuwangi untuk dapat lebih meningkatkan usahanya melalui informasi potensi lahan tambak. Pengusaha budidaya dapat menggunakan lokasi-lokasi objek dalam jurnal ini sebagai wilayah baru untuk budidaya tambak, atau dapat juga digunakan untuk mengevaluasi kualitas kesesuaian lahan tambak untuk budidaya. Dengan kata lain jurnal ini memiliki kesesuaian bagi pembaca antara lain bagi pengusaha budidaya untuk referensi pengembangan lahan budidaya, untuk pelajar dan mahasiswa dapat digunakan sebagai referensi dalam penelitian dan sebagai pengetahuan umum untuk mengetahui potensi-potensi wilayah perairan di Indonesia.

http://www.perpustakaan.lapan.go.id/jurnal/index.php/jurnal_inderaja/article/viewFile/478/409

Tidak ada komentar:

Posting Komentar