Rabu, 04 Januari 2012

PROBIOTIC EFFECT OF Lactobacillus isolates AGAINST BACTERIAL PATHOGENS IN FRESH WATER FISH


Assalamualaikum Pren...
Ujian Semester TI Telah tiba... Ata dapet soal ujian buat posting kaya kmaren lagi, kali ini sumber na di ambil dari E-Journal Undip, Jurnal na siy bahasa inggris, tapi Ata coba translate deh.. Bismillah... ni dia Jurnal na...
Pengaruh Probiotik Isolat Lactobacillus terhadap Bakteri Patogen Pada Ikan Air Tawar
Jurnal ini berisi tentang penelitian mengenai efek probiotik yang dihasilkan oleh bakteri Lactobacillus yang ada pada beberapa spesies ikan. Seperti kita ketahui bahwa keberhasilan budidaya dapat ditunjang melalui beberapa langkah manipulasi. Saat ini probiotik lebih didefinisikan sebagai kultur tunggal ataupun campuran dari mikroorrganisme hidup yang ada pada hewan yang dapat menguntungkan bagi hewan tersebut dengan meningkatkan sifat-sifat asli tumbuhan mikro. Probiotik juga memiliki kemampuan untuk menempel pada sel, menghilangkan atau mengurangi keberadaan patogen, bertahan hidup dan memperbanyak diri, memproduksi asam, dan menjadikannya nonkarsinogenik, dan nonpatogenik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi beberapa langkah:
1.      Sampling ikan
2.      Isolasi Bakteri
3.      Uji Probiotik
4.      Persiapan Pakan Ikan
5.      Pemberian makan ikan dengan Probiotik
6.      Pengujian antibakteria dengan bakteri probiotik
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dari 5 sampel, total isolat Lactobacillus yang terisolasi adalah 59, dan yang maximal ditemukan pada cat fish (Clarias orientalis) sebanyak 23 isolat, yang minimal terdapat pada Gende Fish (Punitius Carnaticus) sebanyak 3 isolat, sedangkan pada Hari fish (Anguilla sp), Rohu fish (Labeo rohita) dan Jilabe fish (Oreochromis sp) sebanyak 16, 10 dan 7 isolat. Dari 59 isolat yang ada hanya dipilih 4 isolat Lactobacillus yang diambil untuk dilakukan studi lebih lanjut, yaitu RLD1, RLD2, RLD3 dan RLD4. Selanjutnya dilakukan pengujian terhadap karakteristik secara biologis, khususnya pada Aeromonas dan Vibrio sp yang ditemukan pada Cat Fish. Isolat ini bersifat kultural, morfologikal, dan biokimikal, karakteristiknya dan dapat diidentifikasi sebagai Vibrio parahaemolyticus, Aeromonas salmonicida.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa Lactobacillus dapat membantu menangani penyakit bakteri Aeromonosis pada  cat fish (Clarias orientalis). Identifikasi spesies ini dititik beratkan pada pertumbuhan  Lactobacillus.
For Further Information about this Journal... U can download HERE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar